Latihan Pull Down & Pull Up, Yang Mana Lebih Baik?

pull up

Pull Down Lebih Baik

Ada beberapa latihan yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat tubuh bagian atas Anda. Kebanyakan dari mereka membutuhkan peralatan berbeda yang menargetkan otot bahu dan lengan tertentu. Salah satunya adalah mesin lat pulldown.

Kabar baiknya adalah bahwa peralatan ini muat di ruang kecil di gym Anda sendiri sehingga Anda dapat berolahraga bahkan saat di rumah. Namun, banyak orang yang masih ragu apakah latihan lat pulldown memang lebih baik daripada lat pull-up. Mari kita jawab ini sekali dan untuk selamanya.

Apa Itu Pulldown Lat?

Lat pulldown adalah bentuk latihan yang melibatkan penggunaan mesin kabel. Anda akan memuat beban di belakang alat berat dan menarik stang ke bawah, mengangkat beban melalui kabel. Ini adalah versi pull-up yang terbalik, karena satu-satunya perbedaan adalah Anda duduk dalam latihan ini.

Manfaat Pulldown Lat

Berikut adalah beberapa alasan orang lebih memilih pulldown lat daripada pull-up:

  • Penyesuaian Berat

Manfaat signifikan pertama dari melakukan latihan pull-down lat adalah Anda dapat menyesuaikan berat beban yang Anda angkat. Beberapa dari kita belum bisa mengangkat seluruh berat badan kita, itulah yang terjadi pada lat pull-up.

Dengan demikian, pulldown lat adalah pilihan yang bagus untuk pemula. Anda dapat mulai dengan sepuluh atau 20 pon dan menambah berat jika Anda ingin meningkatkan intensitas latihan.

  • Pengurangan Penggunaan Otot

Karena pull-down lat adalah latihan duduk, inti Anda, dan otot punggung bawah tidak akan terlibat. Ini secara signifikan mengurangi kesulitan latihan, yang sering membatasi orang lain untuk mencoba latihan kekuatan atas.

  • Set Jatuh

Keuntungan besar lainnya dari latihan pull-down lat berasal dari kemampuan penyesuaian beratnya. Karena Anda dapat menambah atau mengurangi berat beban, Anda dapat menurunkan set berikutnya ke beban yang lebih ringan saat Anda mulai merasa lelah.

Ini memungkinkan Anda untuk terus maju dan mendapatkan lebih banyak repetisi, mengembangkan lebih lanjut tubuh bagian atas Anda.

Kekurangan Lat Pulldown

Meskipun lat pulldown memang merupakan latihan yang bermanfaat, namun juga memiliki beberapa kelemahan.

  • Kurang Perkembangan Otot

Kami telah menyebutkan sebelumnya bahwa latihan lat pulldown lebih mudah daripada lat pull-up karena tidak menargetkan otot inti dan punggung bawah Anda. Namun, ini juga berarti bahwa mereka tidak akan berkembang melalui latihan ini.

Jika Anda hanya ingin meningkatkan otot bahu dan dada, latihan pull-down lat bermanfaat. Jika Anda juga ingin mengembangkan otot inti dan tengah hingga punggung bawah, Anda mungkin perlu melakukan latihan lain.

Apa Itu Pull-Up Lat?

Latihan lat pull up tidak menggunakan mesin. Sebaliknya, beban yang perlu Anda angkat adalah seluruh berat badan Anda. Ini sering dilakukan pada bilah horizontal. Otot-otot yang berbeda dari tubuh Anda ditingkatkan dengan mengangkat diri Anda ke bar dengan tangan Anda.

Manfaat Pull-Up Lat

Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang masih lebih memilih pull-up lat daripada pull-down:

  • Intensitas

Salah satu keuntungan paling menonjol dari pull-up lat adalah bahwa itu jauh lebih intens daripada pull-down. Anda tidak dapat menyesuaikan berat beban karena beban adalah berat badan Anda. Ini adalah teknik yang dijamin untuk meningkatkan tubuh bagian atas Anda dengan cepat.

  • Kontrol dan Lebih Banyak Keterlibatan Otot

Saat Anda mengangkat diri di atas palang, Anda secara tidak sengaja meluruskan punggung saat melakukannya, sehingga Anda bisa menargetkan lebih banyak otot, khususnya inti Anda. Oleh karena itu, Anda dapat mengembangkan otot atas dan inti Anda, yang biasanya tidak ditawarkan oleh latihan lat pulldown.

  • Dasar untuk Sebagian Besar Latihan

Alasan penting lainnya orang melakukan lat pull-up adalah karena ini adalah salah satu latihan dasar untuk jenis pelatihan lainnya. Setelah Anda menguasai lat pull-up, akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan latihan beban tubuh yang lebih maju.

Kekurangan Lat Pull-Up

Ada beberapa kelemahan dalam latihan lat pull-up yang mungkin perlu Anda ketahui, termasuk:

  • Sulit

Pull-up lat jauh lebih sulit daripada pull-down lat. Ergo, jika Anda tidak dapat menangani jenis latihan ini, itu tidak akan mengembangkan otot Anda atau melakukannya dengan sangat lambat. Selain itu, Anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang diinginkan jika Anda tidak dapat melakukan latihan ini dengan benar.

  • Kelelahan

Karena Anda tidak dapat menyesuaikan beban dalam lat pull-up, Anda lebih rentan mengalami kelelahan. Akan lebih sulit bagi Anda untuk terus berjalan dan mendapatkan lebih banyak repetisi begitu otot Anda mulai terasa lelah dan nyeri.

Mana yang lebih baik?

Jadi, apakah pull-down lat lebih baik daripada pull-up lat, atau sebaliknya? Yah, itu sebenarnya tergantung pada kekuatan tubuh Anda secara keseluruhan saat ini.

Jika Anda dapat melakukan lat pull-up dengan benar, maka Anda dapat mengembangkan otot lebih cepat. Jika agak sulit bagi Anda untuk menarik seluruh beban ke atas, kami sarankan Anda tetap menggunakan pulldown lat karena Anda dapat menyesuaikan intensitas latihan sambil tetap menargetkan otot-otot tubuh bagian atas Anda.

Post Terkait